Banyumas – Itulah yang terjadi di pekerjaan pengecoran jalan TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, sepanjang 1,8 kilometer dengan lebar 3,7 meter di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tampak kemudahan kerja didapatkan oleh para anggota Satgas TMMD dan masyarakat setempat di tanjakan/turunan jalan di Bukit Munggang. Sabtu (4/7/2020).

Ternyata improvisasi dilakukan Tim Teknis Satgas TMMD bersama tukang bangunan setempat, sangat jitu mempercepat pengecoran jalan setebal 20 centimeter saat memasuki tanjakan/turunan ekstrim.

Dikemukakan Sertu Novi Endriyanto, Dantim Teknis Satgas TMMD Reguler Banyumas dari kesatuan Detasemen Zeni Bangunan (Denzibang) 1/IV Purwokerto, bahwa improvisasi dengan talang itu juga untuk menghindarkan para pekerja terpeleset saat langsir adonan semen dengan angkong saat menuruni jalan.

“Dengan metode ini diharapkan progres harian pengecoran jalan akan meningkat pesat dari rataan harian 45-50 meter saat terang hari. Selain itu juga untuk menumbuhkan semangat dan keceriaan kerja,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk pembuatan adukan semen, molen ditempatkan di ketinggian jalan yang akan dicor.

Untuk diketahui, progres jalan cor di hari kelima pelaksanaan TMMD Reguler di Petahunan melanjutkan 506 meter panjang jalan. (Aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here