Banyumas – Camat Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Parsono, S. Sos, M.Si, mengumpulkan jajaran Kepala Desa di wilayah kerjanya untuk sosialisasi Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring. Senin (6/7/2020).

Juga sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan RI Tahun 2018, Nomor 50/PMK.05/2018, tentang Standar Kompetensi Kerja Khusus Bagi Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar.

Dalam kesempatan ini juga, Camat Pekuncen mengajak agar para kepala desa meniru capaian yang telah ditancapkan oleh Pemdes Petahunan, yakni hadirnya program TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, yang saat ini sedang berlangsung untuk mengembangkan sejumlah pariwisata di Petahunan, dengan pembangunan jalan beton sepanjang 1,8 kilometer lebar 3,7 meter.

Menurut Parsono juga, jalan itu jelas akan mendongkrak sektor pertanian masyarakat setempat, karena sebelum dibangun, jalan itu merupakan jalan setapak dan hanya menuju perkebunan dan sawah warga.

“Saya mendorong Pemdes Petahunan untuk terus melakukan terobosan baru, untuk menggandeng sejumlah pihak untuk pembangunan infrastruktur penunjang sejumlah obyek wisata, untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki desa demi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Tak lupa dirinya terus memotivasi dan menginstruksikan pemerintah desa setempat untuk mengerahkan semaksimal mungkin warganya guna membantu tugas TNI. Termasuk juga membantu mensukseskan kegiatan sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat, yang akan dilaksanakan pihak Kecamatan Pekuncen pada 13 juli 2020 nanti.

Untuk diketahui, Desa Petahunan yang berada di ketinggian 420 mdpl, memiliki sejumlah obyek wisata yang masih tersembunyi, yakni Curug Pengantin, Curug Rinjing, Makam Eyang Gusti Aji, mata air asin atau Pengasinan, dan juga petilasan Mbah Langlang Jagad.

Sementara yang menjadi andalan adalah Obyek Wisata Curug Nangga (air terjun bertingkat tujuh), dan Watu Kumpul (wisata alam pemandangan perbukitan di bawah rindangnya pohon pinus). (Aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here