BANYUMAS – Ini yang menjadi salah satu faktor proses perehanam 3 unit RTLH yang merupakan sasaran fisik tambahan di pelaksanaan TMMD Reguler ke-108 Kodim 0701/ Banyumas, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Yakni, saat merehab RTLH itu, seperti di rumah Bu Sodah, yang merupakan salah satu dari tiga RTLH yang direhab bersamaan dengan TMMD di Petahunan, TNI harus mengganti semua kusen rumah itu. ”Untuk mengganti kusen-kusen itu tentu butuh waktu,” jelas Jatmiko, salah satu tukang profesional yang dilibatkan dalam merehab rumah Bu Sodah.

Tidak hanya kusen, lanjutnya, di perehaban atap, juga ditemui banyak kayu usuk maupun reng yang lapuk sehingga kalau tidak diganti total, justru kelak akan menimbulkan persoalan baru dan membahayakan bagi pemilik rumah.

Terpisah Danramil 15/Pekuncen, Kapten Inf. Subandi menyatakan, bahwa TNI tidak akan nanggung dalam merehab rumah warga melalui TMMD. Untuk itu jika memang didapati kayu-kayu yang perlu diganti harus diganti. ”Hanya konsekuensinya perlu waktu untuk proses perehabanya,” tandasnya. 24/7/2020. (Ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here