SUBANG,- Berbagai manfaat mulai dirasakan oleh masyarakat, terlebih warga setempat dan para pedagang di Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pasca TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605/Subang.

Iwan (45), salah satu warga mengatakan, sebelum adanya pembangunan di wilayah itu. Sulitnya akses membawa hasil kebun, Karena hanya jalan itu yang digunakan warga untuk membawa hasil kebun dan pertanian. “Terutama kalau mau menuju ke Kota. Susahnya minta ampun pak,” ungkap Iwan.

Menurutnya, saat ini kondisi jalan sudah enak dilalui, “dan sekarang kami banyak banyak pesanan dari agen, adanya TMMD sangat bearti bagi kami. Apalagi jalan baru pas melewati diladang saya, kami tidak perlu memutar lagi untuk kekebun ,” katanya.

Ditempat terpisah, Dandim 0605/Subang Letkol Arh Edi Maryono, menuturkan jika program TMMD, dinilai sangat efektif dalam menanggulangi berbagai keluhan masyarakat, terlebih pembangunan sarana dan prasana di daerah terisolir.

Menurutnya, Tidak hanya itu saja ia menilai keberadaan program non fisik yang dikemas di dalam kegiatan TMMD, sangat mampu meningkatkan SDM warga di daerah terpencil.

“Jadi, bukan cuma pembangunan fisik saja. Satgas TMMD juga fokus meningkatkan SDM warga di lokasi TMMD. Misalnya, dengan adanya penyuluhan-penyuluhan maupun pembekalan mengenai pertanian, kesehatan, hingga pendidikan,” tandasnya. Rabu (05/08/2020).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here