banner 728x250

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Makanan Jenang Dodol

  • Share
banner 468x60

TAPSEL –Sebenarnya Indonesia kaya akan berbagai aneka masakan khas seperti jenang dodol. Salah satu slogan yang bisa untuk memberdayakan masyarakat desa yakni “Bekerja dan terus bekerja demi satu impian mewujudkan desa yang lebih maju”.

Dengan adanya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 111 Tahun Anggaran 2021 yang merupakan program pemerintah daerah bersama dengan TNI ini merupakan salah satu wujud upaya dalam memberdayakan masyarakat.

banner 336x280

“Walaupun pembuatan dodol memerlukan kejelian, ketelatenan dan tenaga. Pembuatan Dodol harus diaduk agar gelembung-gelembung udara yang terbentuk tidak meluap keluar dari kuali sampai saat dodol tersebut matang dan siap untuk diangkat selama waktu 3-4 Jam untuk mengaduknya sehingga menjadi alternative sumber pendapatan keluarga disebabkan bahan yang tersedia di Desa Siohum, Kecamatan Angkola Barat, Tapanuli Selatan,”jelas Kepala Desa Siuhom Amantua Simamora Sabtu (12/6/2021).

Pemberdayaan masyarakat dari mulai menyediakan bahan, pembuatan, pengemasan, serta pemasaran jika dikelola dengan baik akan menjadikan pekerjaan utama di Desa Siuhom. Bahannya yaitu kelapa, beras ketan, gula serta perasa mudah didapatkan dan murah harganya di Desa Siuhom, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Semoga Dodol bisa menjadi produk unggulan Desa Siuhom yang dicari baik masyarakat lokal untuk hajatan maupun wisatawan terutama yang berkunjung di tapanuli Selatan,” tutup Kades. (*)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *